ZILIWU, BESTIN JUITA (2022) PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN KEMAMPUAN KOLABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA/I KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182143012 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM. 7182143012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (811kB) | Preview
7. NIM. 7182143012 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 7182143012 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
2. NIM. 7182143012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
5. NIM. 7182143012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
6. NIM. 7182143012 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 7182143012 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
12. NIM. 7182143012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
13. NIM. 7182143012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Bestin Juita Ziliwu NIM 7182143012. Pengaruh Locus of control dan Kemampuan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Mata pelajaran Kewirausahaan Siswa/I Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Swasta Budi Agung Medan Dengan Aktivitas Belajar Sebagai Variabel Intervening. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Prodi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang masih memiliki nilai kewirausahaan di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaru locus of control, kemampuan kolaborasi, terhadap hasil belajar siswa dan juga mengetahui pengaruh tidak langsung aktivitas belajar sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Agung Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa Jurusan Pemasaran kelas XI yang berjumlah 54 orang. Sementara untuk pengumpulan data penelitian diperoleh dari angket dan daftar nila siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa, hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan probabilitas 0,05 lebih besar dari nilai signifikan (0,05>0,074); 2) kemampuan kolaborasi berpengaruh negatif terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa, hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan probabilitas 0,05 lebih kecil dari nilai signifikan (0,05<0,721); 3) aktivitas belajar berpengaruh negatif terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan probabilitas 0,05 lebih kecil dari nilai signifikan (0,05<0,392); 4) locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan 0,052 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,05>0,052; 5) variabel kemampuan kolaborasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar, hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,05>0,00; 6) variabel aktivitas belajar memediasi pengaruh locus of control terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari persamaan analisis jalur Y =
-0,252 + (0,207 x -0,154 Z) yaitu sebesar (-0,221); 7) variabel aktivitas belajar memediasi pengaruh kemampuan kolaborasi terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari analisis jalur Y = -0,062+ (0,627 x -0,154) yaitu sebesar (0,034).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Locus of control, Kemampuan Kolaborasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 04:06 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49916 |