MANALU, FRIDA FEBRIANA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM SOLVING MATA KULIAH MANAJEMEN INVESTASI DAN PASAR MODAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183342026 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 7183342026 LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
3. NIM. 7183342026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 7183342026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
5. NIM. 7183342026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 7183342026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7. NIM. 7183342026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8. NIM. 7183342026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
9. NIM. 7183342026 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM. 7183342026 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM. 7183342026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Pengembangan E-Modul berbasis problem solving ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan selama pembelajaran pada mata kuliah manajemen investasi dan pasar modal diantaranya, mahasiswa kurang berinisiatif untuk mencari atau membeli buku, mahasiswa merasa bahwa buku cetak kurang praktis untuk dibawa, serta mahasiswa cenderung merasa buku cetak memiliki tampilan yang monoton dan kurang menarik. Hal tersebut mengakibatkan proses pembelajaran kurang berjalan dengan efektif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengembangan E-Modul berbasis Problem Solving mata kuliah Manajemen Investasi dan Pasar Modal dilakukan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Medan, untuk mengetahui kelayakan E-Modul yang dikembangkan dengan aplikasi flip builder, dan untuk mengetahui kepraktisan serta keefektifan e-modul yang dikembangkan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dosen mata kuliah, dan respon mahasiswa.
Hasil penelitian ini adalah; (1) e-modul menggunakan Flip Builder pada materi konsep investasi dan pasar modal yang telah dikembangkan dapat digunakan pada jenjang Mahasiswa sebagai media pembelajaran (2) produk akhir berupa e-modul yang dihasilkan telah memenuhi kriteria sangat layak dengan skor rata-rata dari penilaian ahli materi 90,25%, ahli materi (IDX Sumut) 90,25%, dan ahli media 94,25%, (3) Penilaian e-modul menggunakan Flip Builder pada materi konsep investasi dan pasar modal dengan persentase untuk uji respon pendidik 92,5% dengan kategori sangat praktis, untuk uji coba kelompok kecil 88,81% (4) Untuk analisis keefektifan e-modul dengan angket respon mahasiswa sebesar 91,60% dengan kategori sangat efektif dan hasil dari prestest-postest mendapatkan kemajuan belajar dari yang tidak mendapatkan nilai A menjadi meningkat sebanyak 15 orang mahasiswa, ini menunjukkan e-modul yang dihasilkan efektif untuk digunakan. Media pembelajaran berupa e-modul menggunakan Flip Builder sudah sangat layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Manajemen Investasi dan Pasar Modal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul, Problem Solving, Flip Builder |
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture > SF111 Cost, yield, and profit. Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 02:42 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49889 |