ATIKA, NURUL AULIA (2022) ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN JALUR SELEKSI MASUK PEGURUAN TINGGI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183142034 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7183142034 PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
3. NIM. 7183142034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 7183142034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 7183142034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
5. NIM. 7183142034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5. NIM. 7183142034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 7183142034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 7183142034 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
12. NIM. 7183142034 BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM.7183142034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat mahasiswa yang belum sepenuhnya memahami materi pengantar akuntansi di Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2021, hal ini diduga disebabkan oleh latar belakang pendidikan dan jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman akuntansi mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan dan jalur seleksi masuk perguruan tinggi pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksakan di Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang beralamat di Jl. Willem Iskandar / Pasar V. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan populasi penelitian sebanyak 64 orang. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dokumentasi dan tes. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan Kruskal Wallis dan Multiple Comparison.Hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat perbedaan pemahaman akuntansi mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan dengan nilai sig. 0,013<0,05. Dimana hasil uji lanjut yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa pemahaman akuntansi pasangan kelompok SMK Jurusan Akuntansi dan SMA/MA Jurusan IPA adalah berbeda dengan nilai Adj.Sig. 0,010< 0,05. Sedangkan pemahaman akuntansi untuk pasangan kelompok SMK Jurusan Akuntansi dan SMA/MA Jurusan IPS adalah sama dengan nilai Adj.Sig 0,120>0,05, begitu pula pasangan kelompok SMA/MA Jurusan IPS dan SMA/MA Jurusan IPA memiliki pemahaman akuntansi yang sama dengan v-value sebesar 0,615>0,05.; (2) tidak terdapat perbedaan pemahaman akuntansi mahasiswa berdasarkan jalur seleksi masuk perguruan tinggi dimana nilai sig.0,643> 0,05. Jadi hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan pemahaman akuntansi mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan dan tidak terdapat perbedaan pemahaman akuntansi mahasiswa berdasarkan jalur seleksi masuk perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman Akuntansi, Latar Belakang Pendidikan, Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. |
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture > SF111 Cost, yield, and profit. Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 02:31 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49887 |