REVANDI, ADELIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.A2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7181141020 COVER.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2. NIM 7181141020 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
3. NIM 7181141020 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4. NIM 7181141020 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM 7181141020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
6. NIM 7181141020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7. NIM 7181141020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
9. NIM 7181141020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
10. NIM 7181141020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
11. NIM 7181141020 BAB I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
15. NIM 7181141020 BAB V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
16. NIM DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Adela Revandi NIM. 7181141020 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Sunggal T.A 2022/2023. Skripsi Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sunggal ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung(konvensional) di SMA Negeri 1 Sunggal T.A. 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen (Jigsaw) dan control (Konvensional). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sunggal yang berjumlah 108 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas XI IPS 2 dan 36 siswa kelas XI IPS 3. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda, yaitu untuk soal pre-test dan post-test sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka soal ini diuji cobakan terkebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipetesi dengan menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 59,58 dan 81,39. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test 64,44 dan post-test 74,72. Perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,371 dan ttabel sebesar 1,690 pada taraf signifikansi 95%. Jika thitung dibandinngkan dengan ttabel maka diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,371 > 1,690 dan diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,01 < 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signitikan penggunaan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sunggal T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4 Engineering economy |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 08:09 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49840 |