NASUTION, SITI FATIMAH (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2019 FAKULTAS EKONOMIUNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7183141047 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM.7183141047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM.7183141047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM.7183141047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6. NIM.7183141047 TABLES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. NIM.7183141047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8. NIM.7183141047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. NIM.7183141047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
14. NIM.7183141047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Siti Fatimah Nasution, NIM: 7183141047. Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Stambuk 2019 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Skripsi: Jurusan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan Tahun 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi stambuk 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha; (2) pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha; (3) pengaruh penggunaan media sosial dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Jalan Wililem Iskandar Pasar V Medan, Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan ekonomi stambuk 2019 dengan jumlah 103 dengan sampel 82 mahasiswa. Teknik Sampling yang digunakan adalah Sample Random.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas angket dengan menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan menggunkan Croanbach Alpha. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linear bergandauntuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan menggunakan uji t dan uji F.
Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 7,565 + 0,304 X1 + 0,605 X2 + e. selanjutnya koefisien determinasi (R2) 0,582 yang artinya adalah sebesar 58,2% variabel X1 dan X2 dapat menjelaskan minat berwirausaha mahasiswa (Y) dan sisanya sebesar 41,8% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak di kaji dalam penelitian ini. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa masing-masing variabel X1 terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa (Y) dengan nilai thitung >ttabel (2,743 > 1,990) dan ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel X2 terhadap hasil minat berwirausaha mahasiswa (Y) dengan nilai thitung>ttabel (5,899 > 1,990). Sedangkan uji F diperoleh hasil bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media sosial (X1) dan pengetahuan kewirausahaan (X2) terhadap minat berwirausaha mahasiswa (Y) Pendidikan Ekonomi Stambuk 2019 dengan nilai Fhitung>Ftabel (55,090 > 3,11) dan nilai signifikansi (0,000<0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Media Sosial, Pengetahuan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 07:15 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49831 |