ASTIKA, WINDI (2022) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTKP MATA PELAJARAN HUMAS DAN KEPROTOKOLAN SMK SWASTA BINA SATRIA MEDAN T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7183144017 COVER.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
2. NIM 7183144017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM 7183144017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
4. NIM 7183144017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
5. NIM 7183144017 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM 7183144017 TABLES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM 7183144017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM 7183144017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 7183144017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
13. NIM 7183144017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. NIM 7183144017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan SMK Swasta Bina Satria Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI OTKP di SMK Swasta Bina Satria Medan T.A 2021/2022 yang berjumlah 71 siswa dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik total sampling yang dimana dengan cara mengambil seluruh populasi penelitian maka sampel yang digunakan berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, serta dokumentasi. Validitas instrumen dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji f, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung 3,741 > ttabel 1,995 dengan signifikansi 0,000<0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung 4,542 > ttabel 1,995 dengan signifikansi 0,000<0,05. Secara simultan (uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Keterampilan Mengajar Guru dan Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai fhitung 67,124 > ftabel 3,130 dan nilai signifikansi 0,00<0,05. Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,664 yang artiya variabel Keterampilan Mengajar Guru dan Keaktifan Siswa berpengaruh 66,4 % terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI OTKP pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan di SMK Swasta Bina Satria Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dan sisanya sebesar 33,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 00:47 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 00:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49795 |