PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Tambunan, Mei Asi Maruba (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7182144012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7182144012 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7182144012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7182144012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7182144012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7182144012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7182144012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7182144012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7182144012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7182144012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7182144012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7182144012 TABLES.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7182144012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7182144012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7182144012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7182144012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7182144012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7182144012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 7182144012 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 7182144012 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 7182144012 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 7182144012 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[thumbnail of 12. NIM. 7182144012 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 7182144012 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 7182144012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7182144012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7182144012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7182144012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 7182144012 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 7182144012 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI-OTKP di SMK Negeri 1 Medan T.A 2021/2022 yang berjumlah 137 orang dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling yang diambil dari 50% siswa dari setiap kelas sehingga diperoleh sampel sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Validitas instrumen dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji F, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) terdapat pengaruh positif dan signifikan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung 4,138 > ttabel 1,997 dengan signifikansi (0,000<0,05). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung 2,567 > ttabel 1,997 dengan signifikansi (0,012<0,05). Secara simultan (uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Model Pembelajaran STAD dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai Fhitung 70,334 > Ftabel 3,136 dengan signifikansi (0,000<0,05). Dengan nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0,684 yang artinya variabel Model Pembelajaran STAD dan Minat Belajar berpengaruh 68,4% terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI-OTKP pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dan sisanya sebesar 31,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, STAD, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 25 Jan 2023 00:46
Last Modified: 08 Dec 2025 08:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49794

Actions (login required)

View Item
View Item