TAMBUNAN, MEI ASI MARUBA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182144012 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 7182144012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
3. NIM. 7182144012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
4. NIM. 7182144012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
5. NIM. 7182144012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
6. NIM. 7182144012 TABLES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM. 7182144012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 7182144012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 7182144012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
13. NIM. 7182144012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
14. NIM. 7182144012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI-OTKP di SMK Negeri 1 Medan T.A 2021/2022 yang berjumlah 137 orang dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling yang diambil dari 50% siswa dari setiap kelas sehingga diperoleh sampel sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Validitas instrumen dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji F, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) terdapat pengaruh positif dan signifikan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung 4,138 > ttabel 1,997 dengan signifikansi (0,000<0,05). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai thitung 2,567 > ttabel 1,997 dengan signifikansi (0,012<0,05). Secara simultan (uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Model Pembelajaran STAD dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dengan nilai Fhitung 70,334 > Ftabel 3,136 dengan signifikansi (0,000<0,05). Dengan nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0,684 yang artinya variabel Model Pembelajaran STAD dan Minat Belajar berpengaruh 68,4% terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI-OTKP pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dan sisanya sebesar 31,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, STAD, Minat Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 00:46 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 00:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49794 |