KARO-KARO, LERY ELVANOV (2022) PEGEMBANGAN E-MODUL FLIPBUILDER BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA KULIAH EKONOMETRIKA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7173341026 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM.7173341026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
3. NIM.7173341026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM.7173341026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM.7173341026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM.7173341026 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM.7173341026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM.7173341026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM.7173341026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
13. NIM.7173341026 V.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
14. NIM.7173341026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Lery Elvanov Karo-Karo NIM:7173341026. Pengembangan E-modul Flipbuilder Berbasis Problem Based Learning Mata Kuliah Ekonometrika Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum banyak tersedia e-modul yang dibutuhkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kelayakan, kepraktisan dan keefektifan e-modul Flipbuilder Berbasis Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan Fakultas Ekonomi yang beralamat di Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Medan, Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa prodi pendidikan ekonomi stambuk 2020 dengan jumlah 58 mahasiswa. Uji Kelayakan e-modul ini dilakukan melalui ketiga validator ahli yakni; ahli materi, ahli media dan ahli desain. Uji Kepraktisan e-modul dilakukan melalui penyebaran angket kepada dosen mata kuliah ekonometrika. Uji Keefektifan e-modul ini dilakukan melalui penyebaran angket terhadap kelompok besar yaitu kepada 30 responden mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Reaserch and Development (R&D), dengan model pengembangan 4D (Four D Model) yang memiliki tahap: (1) Define (Pendefenisian); (2) Design (Perancangan); (3) Develop (Pengembangan);(4) Desseminate (Penyebarluasan). Berdasarkan hasil penelitian dari olahan data angket, diketahui bahwa:(1)e-modul Flipbuilder Berbasis Problem Based Learning ini layak digunakan hal ini dapat dilihat dari hasil validasi dari ketiga validasi yang menunjukkan nilai ;(2)E-modul Flipbuilder Berbasis Problem Based Learning ini Praktis digunakan hal ini dapat dilihat dari hasil angket oleh dosen mata kuliah ekonometrika yang menunjukkan nilai ;(3)e-modul Flipbuilder Berbasis Problem Based Learning ini dinyatakan praktis yang diketahui dari hasil angket kelompok besar oleh mahasiswa yang menunjukkan nilai sebesar 996≥900, juga mendapat kan nilai 113≥90 dari hasil validasi E-modul Ekonometrika ini dinyatakan layak dan juga menunjukkan nilai 39≥ 30 dinyatakan praktis digunakan oleh dosen pengampu mata kuliah Ekonometrika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-modul,Problem Based Learning,Flip Builder |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 03:03 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49757 |