KARIMAH, ROMZIAH (2022) PENGARUH KETERLIBATAN SISWA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7153342022 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 7153342022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
3. NIM. 7153342022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 7153342022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 7153342022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 7153342022 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 7153342022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7153342022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 7153342022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. NIM. 7153342022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 7153342022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
ROMZIAH KARIMAH, NIM: 7153342022. Pengaruh Keterlibatan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Akuntansi Siswa Kelas X SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022, Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga pemahaman konsep pembelajaran siswa dalam mata pelajaran akuntansi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berperannya Keterlibatan siswa terhadap pemahaman konsep akuntansi siswa kelas X SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Di SMK Swasta Budisatrya Medan.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Jenis sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Dengan demikian, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 26 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penilitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner dengan menggunakan kuesioner tertutup. Sebelum kuesioner digunakan dalam penelitian kuesioner tersebut diuji terlebih dahulu untuk melihat validitas dan reliabilitas kuesioner. Setelah data terkumpul maka dilakukan uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS.
Dari hasil analisis data diketahui semua uji asumsi klasik mempengaruhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Dari hasil analisis regresi sederhana dengan taraf signifikan 5% untuk variabel X dan Y diketahui nilai signifikansi sebesar ,000. Sedangkan nilai t-tabel = (;n-k) (0,05,26-2) (0,05:24) adalah sebesar 1,711 pada taraf signifikansi 95%. Maka dari hasil tersebut nilai t-hitung > t-tabel (5,039 > 1,711) dan nilai signifikansi (0,000< 0,05). Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Keterlibatan siswa (X) terhadap pemahaman konsep akuntansi (Y) sebesar 51,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterlibatan Siswa, Pemahaman Konsep Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 07:06 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49737 |