PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA KELAS X AKUNTASI SMK NEGERI 7 MEDAN T.A. 2021/2022

FADHILLAH, SOFHIA (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA KELAS X AKUNTASI SMK NEGERI 7 MEDAN T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 3. Surat Pernyataan.pdf]
Preview
Text
3. Surat Pernyataan.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 5. Abstrak.pdf]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 8. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 14. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview

Abstract

Sofhia Fadhillah, NIM: 7183142039. Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Stres Akademik Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.A 2021/2022, Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2021.
Masalah penelitian ini adalah "tingginya stress akademik pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.A 2021/2022". Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya memiliki pengaruh terhadap stress akademik siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan T.A 2021/2022.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan sebanyak 216 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis dalam penelitian inimenggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS Versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap stres akademik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis secara parsial dengan nilai thing tabel atau thang tabel (-7,836 -1,977) dan nilai signifikansi (0.000<0,05). Kemudian dukungan sosial teman sebaya berpengaruh terhadap stres akademik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis secara parsial dengan nilai tabel atau hug tubel (-2.6 2657-1.977) dan nilai signifikansi (0.009<0.05). Serta efikasi diri dan dikangan sosial teman sebaya berpengaruh secara bersama-surua terhadap stres akademik dibuktikan dengan nilai Fhing Frabel (45.772>3.06) dan nilai signifikasi (0,000 0,05).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap stres akademik Dan dukungan sosial teman sebaya berpengaruh terhadap stres akademik. Serta efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya erpengaruh terhadap stres akadettik siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan TA 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Efikasi Diri, Dukungan Sosial Teman Sebava dan Strex Akademik.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:57
Last Modified: 10 Jan 2023 04:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49735

Actions (login required)

View Item
View Item