Simarmata, Rado (2022) PENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183121042 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4183121042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
3. NIM 4183121042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM 4183121042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 4183121042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM 4183121042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM 4183121042 TABLES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
8. NIM 4183121042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 4183121042 CHAPTER I'.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
13. NIM 4183121042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM 4183121042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbantuan google classroom pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen (eksperimen semu) dan desain penelitian ini adalah Two Group Pretes-Posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Dolok Masihul yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yan digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 20 yang telah divalidkan oleh validator. Uji hipotesis menggunakan uji anava satu pihak. Uji Anova satu arah (one way anova) digunakan apabila yang akan dianalisis terdiri dari satu variabel terikat dan satu variabel bebas. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 37,87 dengan standar deviasi 18,6 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 35,66 dengan standar deviasi 15,8. Uji normalitas data L_hitung<L_tabel (0,156<0,161) artinya data berdistribusi normal. Uji homogenitas F_hitung<F_tabel atau (1,39 < 2,03). Kemudian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu menggunakan model blended learning pada kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 76,16 dan kelas kontrol adalah 47,00. Setelah itu dilakukan uji anava satu arah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan hasil belajar siswa. Dari hasil uji anava satu arah diperoleh (F_hitung=87,32 >F_tabel=3,16), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model blended learning terhadap hasil belajar fisika siswa materi usaha dan energi di SMA Negeri 1 Dolok Masihul
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-FIS-082 / 371.33 Sim p |
Keywords: | blended learning; google classroom; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 03:37 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49730 |