SIMANJUNTAK, ASTRID GABRIELLA MARGARETTA (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182142009 COVER.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
2. NIM. 7182142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (803kB) | Preview
3. NIM. 7182142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
4. NIM. 7182142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
5. NIM. 7182142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
6. NIM. 7182142009 TABLES.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
7. NIM. 7182142009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
9. NIM. 7182142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM. 7182142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM. 7182142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Astrid Gabriella Margaretta Simanjuntak, NIM 7182142009. Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Medan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi siswa yang kurang optimal di kelas XI SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri Medan yang berjumlah 131 iswa dan sampel sebanyak 99 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Kemudian data setiap variabel yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 44,75 + 0,448X1 + 0,394X2. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku belajar terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 4,243 > 1,984 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Kebiasaan belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 3,012>1,984 ttabel dengan nilai signifikan 0,003<0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 21% sedangkan sisanya 79% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Study Interest, Study Habits, Learning Outcomes Accounting |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 03:35 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49727 |