LUBIS, DAMEYANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM.7181141002 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6.NIM.7181141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7.NIM.7181141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
3.NIM.7181141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9.NIM.7181141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
2.NIM.7181141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
8.NIM.7181141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4.NIM.7181141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5.NIM.7181141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13.NIM.7181141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14.NIM.7181141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
DAMEYANTI LUBIS, NIM: 7181141002 “ Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1Pegajahan tahun ajaran 2021/2022”. Skripsi : Program Keahlian Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negri Medan. 2022.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1Pegajahan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa pada pokok bahasan lembaga jasa keuangan kelas X SMA Negeri 1Pegajahan tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1Pegajahan yang berlokasi di Jalan Besar Desa Bengabing Kecamatan Pegajahan, dengan populasi yaitu Seluruh kelas X dengan jumlah siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-3 dan kelas X-4 dengan jumlah yaitu 71 orang. Adapun kelas X-3 sebagai kelas Kontrol dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purpossive Sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitan ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal dari hasil perhtiungan tes hasil belajar terdapat 20 soal dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitan menunjukan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model problem based learning lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan model konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan haisl belajar siswa pada pre test dengan model problem based learning adalah 41.52 dan Post test sebesar 80. Sedangkan hasil belajar siswa pada pre test dengan model konvensional adalah 49.71 dan post test sebesar 73. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 2.936 > 1.667 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model Problem based learning terhadap hasil belajr ekonomii siswa kelas X SMA Negeri 1Pegajahan Tahun Ajaran 2021/2022 pada pokok bahasan lembaga jasa keuangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Model Problem Based Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 08:15 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49720 |