MANURUNG, PUTRI NATALIA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DIGITAL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/INSTANSI PEMERINTAH KELAS XI AKUNTANSI SMKS PRAYATNA 1MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
3. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
3. PREFACE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
13. CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Putri Natalia Manurung, NIM : 7181142015, Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Digital Interaktif Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas XI Akuntansi SMKS Prayatna 1 Medan, Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2022.
Pengembangan lembar kerja siswa berbasis digital interaktif ini dilatar belakangi oleh kurang efektifnya LKS yang digunakan guru untuk menyampaikan materi laporan keuangan pemerintah dalam pembelajaran jarak jauh. Diketahui bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi laporan keuangan akuntansi pemerintah, maka diperlukan adanya inovasi media ajar yang sesuai menghantarkan materi dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran dan meningkatkan daya tarik sehingga siswa lebih mudah memahami materi laporan keuangan pemerintah daerah yang diberikan selama pembelajaran jarak jauh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan lembar kerja siswa berbasis digital interaktif pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah, mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan dan seberapa efektif media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carey yang terdiri dari tahap Analisis, Perancangan, Pengembangan
,Penerapan, dan Evaluasi. Instrument pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Dimana angket ditujukan kepada validator ahli dan responden belajar siswa, sedangkan soal tes digunakan untuk mengetahui persentase tingkat hasil belajar siswa menggunakan media yang dikembangkan.
Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) penilaian kelayakan/kevalidan media oleh ahli materi sebesar 88% berada pada kategori “Sangat Layak” untuk digunakan, validasi ahli media sebesar 96% termasuk kategori “Sangat Layak” untuk digunakan, validasi oleh ahli instrument sebesar 89% termasuk kategori “Sangat Layak” untuk digunakan dan validasi materi oleh guru mata pelajaran sebesar 89% dalam ketegori “Sangat Layak”. (2) penilaian Keefektifan media dari tes hasil belajar siswa sebesar 87,8% menunjukkan kategori “Sangat Tinggi”. (3) Penilaian keefektifan tes respon belajar siswa sebesar 93% dalam kategori “Tinggi” hasil tersebut menunjukkan bahwa produk lembar kerja siswa berbasis digital interaktif i yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan kelas XI di SMK Prayatna 1 Medan dalam pembelajaran jarak jauh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, LKS, Digital, Interaktif |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3820 Economic constitution, policy, planning, and development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 02:27 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49717 |