PUTRI, INDAH YULIA (2022) PENGARUH KONTROL DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM . 7183142036 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. NIM . 7183142036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. NIM . 7183142036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4. NIM . 7183142036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM . 7183142036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM . 7183142036 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM . 7183142036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM . 7183142036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM . 7183142036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
13. NIM . 7183142036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM . 7183142036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Kebiasaan Belajar Akuntansi Dasar yang belum sesuai harapan di kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri dan kecerdasan emosional terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan, yang beralamat di Jalan Sindoro No.1, Pusat Ps., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20211. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 140 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 104 siswa, dimana teknik pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25.
Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebiasaan belajar dengan nilai t hitung > t tabel (11,314 > 1,659) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebiasaan belajar dengan nilai t hitung > t tabel (12,968 > 1,659) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Persamaan regresi linear sederhana yang dihasilkan untuk pengaruh kontrol diri terhadap kebiasaan belajar adalah Y = 7,869 + 0,731X dengan koefisien determinasi 55,2% sedangkan persamaan regresi linear sederhana yang dihasilkan untuk pengaruh kecerdasan emosional terhadap kebiasaan belajar adalah Y = 5,367 + 0,795X dengan koefisien determinasi 61,9%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni kontrol diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kebiasaan belajar dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kebiasaan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kontrol diri, Kecerdasan Emosional, Kebiasaan Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 02:57 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49697 |