HUTABARAT, GRESYA DEBORA (2022) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182142008 COVER.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
2. NIM. 7182142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 7182142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
4. NIM. 7182142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
5. NIM. 7182142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
6. NIM. 7182142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
7. NIM. 7182142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
8. NIM. 7182142008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
9. NIM. 7182142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (838kB) | Preview
13. NIM. 7182142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
14. NIM. 7182142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya persentase kelulusan hasil belajar siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Medan dibanding nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medam, yang beralamat di Jalan Sindoro No.1 Pusat Pasar, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 139 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 103 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yakni Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adversity quotient berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai t hitung> t tabel (3,009> 1,984) dan nilai signifikansi sebesar 0,003< 0,05 ; (2) motivasi belajar berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai t hitung > t tabel (3,485> 1,984) dan nilai signifikansi sebesar 0,001< 0,05; (3) secara simultan, adversity quotient dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai f hitung > f tabel (34,127> 3,09) dan nilai signifikansi (0,000< 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,394 (39,4%) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 42,091+0,464X1 + 0,432X2 . Sehingga melalui penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan adversity quotient dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Adversity Quotient, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 00:54 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 00:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49682 |