PENGARUH E-LEARNING DAN DISIPILIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BALIGE

HUTAGAOL, ANJELY (2022) PENGARUH E-LEARNING DAN DISIPILIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BALIGE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7182142010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7182142010 COVER.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7182142010  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7182142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7182142010  PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7182142010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7182142010  ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7182142010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7182142010  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7182142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7182142010  TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7182142010 TABLES.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7182142010  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7182142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7182142010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7182142010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7182142010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7182142010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7182142010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7182142010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7182142010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7182142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Hasil Belajar Akuntansi yang belum mencapai KKM di kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Balige. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning dan disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 2 Balige. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Balige, yang beralamat di Jalan. Kartini No. 1 Soposurung Balige. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 102 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 81 siswa, dimana pengambilan sampel Jenis Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) e-learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 < 0,05 ; (2) disiplin belajar berpengaruh secara positif dan signifikansi terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai signifikansi sebesar 0,015 < 0,05; (3) secara simultan, e-learning dan disiplin belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai signifikansi (0,03 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,112(11,2%) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar peneliti ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 41,818 + 0,296X₁+ 0,193X₂ . Jadi, penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan e-learning dan disiplin belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-learning, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:11
Last Modified: 12 Jan 2023 01:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49677

Actions (login required)

View Item
View Item