HUTAGAOL, ANJELY (2022) PENGARUH E-LEARNING DAN DISIPILIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BALIGE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182142010 COVER.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
2. NIM. 7182142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
3. NIM. 7182142010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
4. NIM. 7182142010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
5. NIM. 7182142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
6. NIM. 7182142010 TABLES.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
7. NIM. 7182142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
8. NIM. 7182142010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
9. NIM 7182142010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
13. NIM 7182142010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
14. NIM 7182142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Hasil Belajar Akuntansi yang belum mencapai KKM di kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Balige. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning dan disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 2 Balige. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Balige, yang beralamat di Jalan. Kartini No. 1 Soposurung Balige. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 102 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 81 siswa, dimana pengambilan sampel Jenis Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) e-learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 < 0,05 ; (2) disiplin belajar berpengaruh secara positif dan signifikansi terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai signifikansi sebesar 0,015 < 0,05; (3) secara simultan, e-learning dan disiplin belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai signifikansi (0,03 < 0,05). Hasil uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,112(11,2%) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar peneliti ini. Persamaan regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 41,818 + 0,296X₁+ 0,193X₂ . Jadi, penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan e-learning dan disiplin belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-learning, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 01:11 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 01:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49677 |