PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN WHATSAPP GROUP DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN KELAS XI OTKP SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2021/2022

Siahaan, Naomy Oktavia (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN WHATSAPP GROUP DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN KELAS XI OTKP SMKS PAB 2 HELVETIA T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7181144001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7181144001 COVER.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7181144001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7181144001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7181144001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7181144001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7181144001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7181144001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7181144001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7181144001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7181144001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7181144001 TABLES.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7181144001 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7181144001 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7181144001 APENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7181144001 APENDICES.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7181144001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7181144001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (741kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 7181144001 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 7181144001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 7181144001 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 7181144001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM. 7181144001 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 7181144001 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 13. NIM. 7181144001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7181144001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7181144001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7181144001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 7181144001 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 7181144001 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian siswa kelas XI OTKP SMKS PAB 2 Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Whatsapp Group dan Self Efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian kelas XI OTKP 1 dan 2 di SMKS PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP yang berjumlah 72 siswa dan merupakan jenis penelitian sensus, yaitu penelitian yang mengambil satu kelompok populasi sebagai sampel secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Untuk uji instrumen penelitian, peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian berdasarkan koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 52,9%. Dimana variabel X2 (Self Efficacy) memberikan kontribusi atau pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar dibandingkan dengan variabel X1 (Model Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Whatsapp Group). Adapun nilai koefisien determinasi pada variabel X1 adalah sebesar 0,220 atau 22%, sedangkan variabel X2 memberikan kontribusi sebesar 0,309 atau 30,9%. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian kelas XI OTKP 1 dan 2 SMKS PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Whatsapp Group, Self Efficacy
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:56
Last Modified: 20 Aug 2025 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49671

Actions (login required)

View Item
View Item