SIMANJUNTAK, DANIEL NANDITO (2022) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN KELAS XI SMK TAMAN SISWA T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7183344012 COVER.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
2. NIM 7183344012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. NIM 7183344012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
4. NIM 7183344012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
5. NIM 7183344012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
6. NIM 7183344012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
7. NIM 7183344012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 7183344012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM 7183344012 BAB I.pdf - Published Version
Download (720kB) | Preview
13. NIM 7183344012 BAB V.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
14. NIM 7183344012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di Taman Siswa Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI OTKP di SMK Taman Siswa T.A 2021/2022 yang berjumlah 49 orang dengan menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Validitas instrument dihitung dengan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji f, R2). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji parsial (uji t) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Komunikasi Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung>ttabel (3,039>1,678) dan nilai signifikansi 0,004<0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai thitung>ttabel (3,285>1,678) dan nilai signifikansi (0,002<0,05). Secara simultan (uji F) terdapat pengaruh positif dan signifikan Komunikasi Interpersonal dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan nilai Fhitung>Ftabel (16,933>3,200) dan nilai signifikansi (0,000<0,05). Dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,546 yang artinya variabel Komunikasi Interpersonal dan Fasilitas Belajar berpengaruh sebesar 54,6% terhadap prestasi belajar siswa kelas XI OTKP pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK Taman Siswa Tahun Ajaran 2021/2022 dan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 01:33 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 01:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49667 |