SIMANULLANG, ESTER SULASTRI MARITO (2022) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA TAMAN SISWA PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7182141014 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 7182141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. NIM. 7182141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 7182141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM. 7182141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 7182141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. NIM. 7182141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM. 7182141014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
9. NIM. 7182141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM. 7182141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 7182141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa Kelas XI SMA Swasta Pematang Siantar yang rendahnya literasi digital dan minat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Swasta Taman Siswa Pematang Siantar T.A 2021/2022.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta taman Siswa Pematang Siantar yang dimana subjek penelitian ini kelas XI IPS, dengan populasi 113. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket.
Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 16,102 + 0,348X1 + 0,464X2.
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Pada variabel Literasi Digital (X1) diperoleh thitung sebesar 6,352 dengan demikian thitung > ttabel yaitu 6,352 > 1,988 dengan signifikan 0,000 < 0,05 dengan artian H1 dapat diterima dan teruji kebenarannya secara statistic pada taraf α = 5% dan variabel Minat Belajar (X2) diperoleh thitung sebesar 8,014 dengan demikian thitung > ttabel yaitu 8,014 > 1988 dengan signifikan 0,000 < 0,05 dengan artian H2 dapat diterima dan teruji kebenarannya secara statistic pada taraf α = 5%. Berdasarkan koefisien determinasi yaitu 0,934 yang artinya sebesar 93,4% Prestasi Belajar Kelas XI IPS SMA Swasta Taman Siswa Pematang Siantar T.A 2021/2022 dapat dijelaskan oleh Literasi Digital dan Minat Belajar dan sisanya 6,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dibahas di penelitian ini. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Literasi Digital dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Kelas XI IPS SMA Swasta Taman Siswa Pematang Siantar T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Literasi Digital, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 02:10 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49611 |