Sianturi, Fortina Verawati (2022) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Lingkungan Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Anak TK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206182026 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2. NIM. 8206182026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
3. NIM. 8206182026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 8206182026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
5. NIM. 8206182026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 8206182026 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 8206182026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 8206182026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 8206182026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
13. NIM. 8206182026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
14. NIM. 8206182026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi berbasis lingkungan yang valid, layak dan efektif digunakan dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi anak TK B Immanuel Kids Medan dengan bantuan aplikasi Powtoon. Penelitian ini dilakukan di TK B Immanuel Kids Medan. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek pada penelitian ini adalah tiga validator ahli (ahli desain, ahli media, dan ahli materi), kemudian guru dan anak TK B Immanuel Kids Medan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengembangan media animasi berbasis lingkungan sebagai strategi pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi anak. Model pengembangan yang menjadi acuan penelitian ini yaitu model pengembangan Thiagarajaan yaitu model 4-D. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat ditarik simpulan bahwa Media Video Animasi berbasis lingkungan dinyatakan Valid oleh validator, kemudian berdasarkan rekapitulasi keprkatisan produk juga menyatakan bahwa respon guru terkait produk yang dikembangkan memiliki 100% kepraktisan sebagai media pembelajaran. Selanjutnya berdasarkan penilaian keefektifatn yang diperoleh dari hasil tes LKPD anak-anak diperoleh nilai sebesar 83,33%. Oleh karena itu dapat diketahui bahwa persyaratan media dinyatakan layak sebagai media pembelajaran di TK B Imamnuel Kids Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Sia p |
Keywords: | Anak Usia Dini; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Video Animasi berbasis lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 03:13 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49599 |