PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Parapat, Wando Satria (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171111056 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171111056 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171111056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171111056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 3, NIM 4171111056 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3, NIM 4171111056 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171111056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171111056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171111056 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171111056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171111056 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171111056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171111056 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171111056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171111056 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171111056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan untuk menghasilkan e-modul interaktif berbasis kontekstual dengan bantuan aplikasi flip pdf professional yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Sehingga berguna untuk siswa dalam meningkatkan pemahaman pada materi bangun ruang sisi datar khusunya pada submateri kubus dan balok. Instrument penelitian yang dipakai yakni RPP, lembar validasi materi dan media e-modul, pretest dan posttest, serta angket respon siswa dan guru. Setelah seluruh instrument, RPP, dan e-modul dalam kategori valid, kemudian diujikan pada kelompok kecil dan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-Modul dalam kategori valid ditinjau dari segi materi dan media yaitu (92,70% dan 90,97%) dengan kategori sangat layak; (2) E-Modul telah memenuhi nilai kepraktisan dari hasil respon peserta didik dan guru yaitu (87,05% dan 87,5%) pada kategori sangat praktis; (3) E-Modul memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai 90% siswa yang memperoleh nilai ≥75 dan ketercapaian pada setiap indikator/tujuan pembelajaran yang melebihi 75% dari total siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian didapat N-Gain sebesar 0,72, maka termasuk dalam kategori tinggi memberikan efektivitas hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 102
Keywords: E-modul interaktif; Flip PDF professional; Pendekatan kontekstual; Bangun ruang sisi datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:12
Last Modified: 13 Dec 2022 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49554

Actions (login required)

View Item
View Item