PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MASTERY LEARNING DALAM BERNYANYI SERIOSA PADA SISWA KELAS VIII-D SMP WAGE RUDOLF SUPRATMAN 2 MEDAN

Simanjuntak, Nancy Evi Margina (2016) PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MASTERY LEARNING DALAM BERNYANYI SERIOSA PADA SISWA KELAS VIII-D SMP WAGE RUDOLF SUPRATMAN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.2113142047.COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM.2113142047.COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM.2113142047.LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM.2113142047.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM.2113142047.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM.2113142047.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM.2113142047.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM.2113142047.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM.2113142047.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM.2113142047.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM.2113142047.DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6.NIM.2113142047.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM.2113142047.DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7.NIM.2113142047.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.2113142047.BAB I.pdf]
Preview
Text
8.NIM.2113142047.BAB I.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 12.NIM.2113142047.BAB V.pdf]
Preview
Text
12.NIM.2113142047.BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.2113142047.DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13.NIM.2113142047.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Pembelajaran Teknik Vokal Dengan Menggunakan Strategi Mastery Learning Dalam Bernyanyi Seriosa Pada Siswa Kelas VIII-D SMP Wage Rudolf Supratman 2 Medan. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran teknik vokal dengan menggunakan strategi Mastery Learning dalam bernyanyi seriosa pada siswa kelas VIII-D SMP WR Supratman 2 Medan, untuk mengetahui bagaimana metode pelaksanaan pembelajaran teknik vokal dengan menggunakan strategi Mastery Learning dalam bernyanyi seriosa pada siswa kelas VIII-D SMP WR Supratman 2 Medan, untuk mengetahui apakah kendala yang di alami siswa kelas VIII-D SMP WR Supratman 2 Medan pada pembelajaran teknik vokal dengan menggunakan strategi Mastery Learning dalam bernyanyi seriosa.
Penelitian ini berdasarkan landasan teoritis yang menjelaskan. Pengertian pembelajaran, pengertian teknik vokal, pengertian strategi, pengertian Mastery Learning, pengertian bernyanyi, dan pengertian seriosa.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-D. Pengumpulan data ini dilakukan dengan metode observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini di ambil di sekolah SMP Wage Rudolf Supratman 2 Medan, dan penelitian ini dilaksanakan dari bulan oktober 2015
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka diketahui bahwa model pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran pengembangan diri bidang vokal seriosa adalah strategi Mastery Learning. Strategi pembelajaran ini mengutamakan ketuntasan perindividual, melalui tahap-tahap dari strategi Mastery Learning yang membuat proses pembelajaran menjadi terarah, terkonsep dan menyenangkan. Dari data yang diperoleh terdapat 14 orang siswa yang mendapat hasil yang sangat kompeten (A), 6 orang siswa yang mendapat hasil kompeten (B).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: sk-2016 msk 026
Keywords: Teknik Vokal; Bernyanyi Seriosa; Mastery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Apr 2016 19:12
Last Modified: 26 Apr 2016 19:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4950

Actions (login required)

View Item
View Item