Harahap, Sabrina Hidayana (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI MTS NEGERI KUALUH HULU KECAMATAN KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
0- 8136122046 -Cover.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
1- 8136122046 -Persetujuan.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2- 8136122046 -Abstrak.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
3- 8136122046 -Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4- 8136122046 -Daftar isi.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5- 8136122046 -Daftar tabel.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
6- 8136122046 -Daftar gambar.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7- 8136122046 -Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8- 8136122046 -Bab I.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
12- 8136122046 -Bab V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
13- 8136122046 -Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar PKn yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri sosial lebih tinggi daripada hasil belajar PKn yang diajarkan dengan strategi pembelajaran permodelan; (2) hasil belajar PKn yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih baik daripada hasil belajar PKn yang memiliki gaya belajar visual; dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Negeri Kualuh Hulu Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara yang berjumlah 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 40 anak. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar PKn dan tes gaya berpikir. Analisis data yang digunakan adalah Anava Faktorial 2 × 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa kelas strategi pembelajaran inkuiri sosial dengan hasil belajar PKn siswa kelas strategi pembelajaran permodelan dengan Fhitung > Ftabel (4,194 > 3,96); (2) terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar PKn siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan Fhitung > Ftabel (26,436 > 3,96); dan (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar PKn dengan Fhitung > Ftabel (8,076 > 3,96). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sosial dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Selain itu sebagai seorang guru perlu mempunyai pengetahuan dan pemahaman mengenai gaya belajar siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar PKn.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Har p |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar; Pkn; Strategi pembelajaran; Gaya belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 19:04 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 19:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4947 |