PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI MTS NEGERI KUALUH HULU KECAMATAN KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Harahap, Sabrina Hidayana (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI MTS NEGERI KUALUH HULU KECAMATAN KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 0- 8136122046 -Cover.pdf]
Preview
Text
0- 8136122046 -Cover.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 1- 8136122046 -Persetujuan.pdf]
Preview
Text
1- 8136122046 -Persetujuan.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 2- 8136122046 -Abstrak.pdf]
Preview
Text
2- 8136122046 -Abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 3- 8136122046 -Kata pengantar.pdf]
Preview
Text
3- 8136122046 -Kata pengantar.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 4- 8136122046 -Daftar isi.pdf]
Preview
Text
4- 8136122046 -Daftar isi.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 5- 8136122046 -Daftar tabel.pdf]
Preview
Text
5- 8136122046 -Daftar tabel.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 6- 8136122046 -Daftar gambar.pdf]
Preview
Text
6- 8136122046 -Daftar gambar.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 7- 8136122046 -Daftar lampiran.pdf]
Preview
Text
7- 8136122046 -Daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 8- 8136122046 -Bab I.pdf]
Preview
Text
8- 8136122046 -Bab I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 12- 8136122046 -Bab V.pdf]
Preview
Text
12- 8136122046 -Bab V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 13- 8136122046 -Daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
13- 8136122046 -Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar PKn yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri sosial lebih tinggi daripada hasil belajar PKn yang diajarkan dengan strategi pembelajaran permodelan; (2) hasil belajar PKn yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih baik daripada hasil belajar PKn yang memiliki gaya belajar visual; dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Negeri Kualuh Hulu Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara yang berjumlah 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 40 anak. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar PKn dan tes gaya berpikir. Analisis data yang digunakan adalah Anava Faktorial 2 × 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa kelas strategi pembelajaran inkuiri sosial dengan hasil belajar PKn siswa kelas strategi pembelajaran permodelan dengan Fhitung > Ftabel (4,194 > 3,96); (2) terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar PKn siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan Fhitung > Ftabel (26,436 > 3,96); dan (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar PKn dengan Fhitung > Ftabel (8,076 > 3,96). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sosial dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Selain itu sebagai seorang guru perlu mempunyai pengetahuan dan pemahaman mengenai gaya belajar siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar PKn.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Har p
Keywords: Hakikat belajar; Hasil belajar; Pkn; Strategi pembelajaran; Gaya belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 19:04
Last Modified: 26 Apr 2016 19:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4947

Actions (login required)

View Item
View Item