Manalu, Johanes Marojaha (2022) THE EFFECT OF LEARNING APPROACH ON STUDENT ACHIEVEMENT OF CLASS X ON ECOSYSTEM TOPICS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183141030 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 4183141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
3. NIM. 4183141030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM. 4183141030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM. 4183141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM. 4183141030 TABLE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM. 4183141030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
8. NIM. 4183141030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
12. NIM. 4183141030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. NIM. 4183141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran (SETS, PBL dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design pola yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-factorial Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Bekasi, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, menjadikan siswa kelas X-7, X-8, X-2 sebagai sampel dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini (Fhitung = 5,72 > Ftabel 1,95 (n = 26) untuk P = 0,007 lebih kecil dari P = 0.01 ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada pemberian pendekatan pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society), PBL (Problem Based Learning) dan Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMAN 3 Bekasi tahun pelajaran 2021/ 2022. Hasil uji Tukey menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelas SETS dan PBL (qhitung > qtabel; 4,64 > 3,39 dapat kita simpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan SETS lebih baik dibanding dengan PBL dan Konvensional dalam pembelajaran Ekosistem di kelas X SMAN 3 Bekasi -Jawa Bara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-193 / 371.26 Man p |
Keywords: | Hasil Belajar; Pendekatan Pembelajaran; Materi Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 08:35 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 09:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49456 |