THE EFFECT OF LEARNING APPROACH ON STUDENT ACHIEVEMENT OF CLASS X ON ECOSYSTEM TOPICS

Manalu, Johanes Marojaha (2022) THE EFFECT OF LEARNING APPROACH ON STUDENT ACHIEVEMENT OF CLASS X ON ECOSYSTEM TOPICS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183141030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183141030 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183141030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183141030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183141030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183141030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183141030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183141030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4183141030 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4183141030 TABLE.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4183141030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4183141030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4183141030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4183141030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 4183141030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 4183141030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183141030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran (SETS, PBL dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design pola yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-factorial Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Bekasi, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, menjadikan siswa kelas X-7, X-8, X-2 sebagai sampel dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini (Fhitung = 5,72 > Ftabel 1,95 (n = 26) untuk P = 0,007 lebih kecil dari P = 0.01 ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada pemberian pendekatan pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society), PBL (Problem Based Learning) dan Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMAN 3 Bekasi tahun pelajaran 2021/ 2022. Hasil uji Tukey menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelas SETS dan PBL (qhitung > qtabel; 4,64 > 3,39 dapat kita simpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan SETS lebih baik dibanding dengan PBL dan Konvensional dalam pembelajaran Ekosistem di kelas X SMAN 3 Bekasi -Jawa Bara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BIO-193 / 371.26 Man p
Keywords: Hasil Belajar; Pendekatan Pembelajaran; Materi Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:35
Last Modified: 06 Dec 2022 09:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49456

Actions (login required)

View Item
View Item