Sianturi, Martina (2022) ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 PAHAE JULU TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4181141040 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 4181141040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 4181141040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 4181141040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 4181141040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 4181141040 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 4181141040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 4181141040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. 4181141040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 4181141040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. 4181141040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal dan internal penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pahae Julu Tahun Pembelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pahae Julu, teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan kriteria siswa yang memiliki nilai di bawah KKM 70. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan jumlah 48 soal dalam bentuk pernyataan dan dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesulitan belajar biologi yang sangat kesulitan yaitu materi pelajaran 81,94%, faktor kesulitan yaitu media pelajaran 75%, motivasi 74,30%, laboratorium 72,22%, sumber belajar 65,27%, relasi guru
dengan siswa 65,27%, keadaan gedung 64,93%, intelegensi 63,88%, perhatian 63,19%, faktor yang cukup kesulitan yaitu relasi siswa dengan siswa 62,26%, bakat 61,80%, psikiatrik 61,80%, minat 59,58%, pendekatan dan strategi
pembelajaran 59,37%, metode mengajar 57,40%, disiplin guru 56,94%, standar pelajaran 56,40%. Faktor yang mejadi penyebab kesulitan siswa adalah faktor eksternal terdiri dari sumber belajar, pendekatan dan strategi pembelajaran, metode mengajar, materi pelajaran, media pelajaran, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin guru, standar pelajaran, keadaan gedung, laboratorium dan faktor internal yaitu intelegensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, psikiatrik. Faktor yang paling dominan mempengaruhi tingkat kesulitan belajar biologi siswa di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pahae Julu adalah faktor materi pelajaran dengan persentase 81,94% termasuk kategori sangat menghambat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BIO-145 / 153.9 Sia a |
Keywords: | Analisis Kesulitan Belajar; Faktor Eksternal; Internal Mata Pelajaran Biologi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 07:07 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49395 |