Mangunsong, Sonia Arga Novita (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4183311055 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM.4183311055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM.4183311055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM.4183311055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM.4183311055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM.4183311055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. NIM.4183311055 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM.4183311055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
9. NIM.4183311055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
13. NIM.4183311055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. NIM.4183311055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan berbantuan aplikasi GeoGebra (2) proses jawaban siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga T.A 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan mengambil secara acak dari 9 kelas. Penelitian ini menggunakan instrument dalam bentuk essay yaitu posttest sebanyak 4 soal yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas. Dari analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas Problem Based Learning sebesar 79,68 dan nilai rata-rata kelas Discovery Learning sebesar 74,02. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh nilai sig 2-tailed 0,031. Oleh karena nilai sig < 0,05, artinya H_0 ditolak, H_a diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tigalingga yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan discovery learning dengan berbantuan aplikasi geogebra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-200 / 371.33 Man p |
Keywords: | Problem Based Learning; Discovery Learning; GeoGebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 04:10 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49346 |