PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 5 MEDAN

Nasution, Sofyan Husein (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183311051 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183311051 COVER.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183311051 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183311051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183311051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183311051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183311051 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183311051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183311051 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183311051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4183311051 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4183311051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4183311051 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4183311051 TABLES.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4183311051 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4183311051 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183311051 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183311051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (930kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183311051 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183311051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183311051 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183311051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam kelas XI Mipa 6 SMA Negeri 5 Medan masih rendah dalam proses pembelajaran matematika. Dalam kondisi yang dimiliki kelas tersebut, maka diperlukan segala upaya untuk dapat mengatasi masalah mengenai rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Adapun tujuan dari peneliti dalam penelitian tersebut, yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam materi limit fungsi terhadap kelas XI Mipa 6 dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dalam 1 siklus memiliki 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas XI Mipa 6 SMA Negeri 5 Medan dengan jumlah 35 siswa. Objek dari penelitian ini merupakan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas XI Mipa 6 SMA Negeri 5 Medan.
Setelah penelitian dilaksanakan dalam kelas tersebut, maka diperoleh hasil analisis dari kelas tersebut kemampuan berpikir kreatifnya meningkat. Hal ini ditandai dengan rata-rata nilainya 61,40 (Siklus-I) menjadi 79,97 (Siklus-II). Untuk persentase klasikal dalam siklus-I sebanyak 28,57% menjadi 88,57% dalam siklus-II, maka analisis yang didapat sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan. Dalam hasil yang dipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI Mipa 6 SMA Negeri 5 Medan dapat meningkat setelah diterapkan suatu upaya-upaya yang guru lakukan melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw yaitu menyajikan materi limit fungsi dengan powerpoint, mengajukan pertanyaan kepada siswa dan member Reward, menanyakan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi dan memberikan Reward di akhir pembelajaran, meminta siswa berdiskusi dan mengumpulkan informasi mengenai permasalahan yang diberikan kepada kelompok ahli, memberikan ice breaking kepada siswa, membantu setiap kelompok ahli dengan menanyakan kesulitan mereka, meminta siswa mengajarkan informasi yang didapatnya kepada temannya kelompok asal secara bergantian, meminta siswa kelompok asal untuk mengerjakan LAS bersama 4 ahli, memberikan apresiasi kepada kelompok penyaji terbaik dan siswa yang aktif dengan memberikan Reward, serta merangkum isi materi dari LAS secara bersama-sama; 2) Setelah diterapkannya model pembelajaran Jigsaw, kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dalam materi limit fungsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-163 / 371.33 Nas p
Keywords: Jigsaw; Kemampuan Berpikir Kreatif; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:50
Last Modified: 05 Dec 2022 03:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49345

Actions (login required)

View Item
View Item