PENERAPAN MODEL CASE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN

Nababan, Natasya Sari (2022) PENERAPAN MODEL CASE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.4183311041 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM.4183311041 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM.4183311041 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM.4183311041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM.4183311041 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM.4183311041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM.4183311041 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM.4183311041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM.4183311041  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM.4183311041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM.4183311041  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6.NIM.4183311041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM.4183311041  TABLES.pdf]
Preview
Text
7.NIM.4183311041 TABLES.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.4183311041  APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM.4183311041 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.4183311041  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM.4183311041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.4183311041  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM.4183311041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM.4183311041  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM.4183311041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model Case Based Learning (CBL) di kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Medan, (2) Mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menerapkan model Case Based Learning (CBL) di kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Medan T.A 2021/2022 yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menerapkan model case based learning pada materi statistika. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana diakhiri setiap siklus diberikan tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa untuk mengetahui tingkat kemmapuan berpikir kritis matematis siswa. (1) Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh nilai rata-rata klasikal sebesar 59,9 dimana 12 siswa (40%) dari 30 siswa telah mencapai standar berpikir kritis dan nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 83,73 dimana 26 siswa (86,67%) dari 30 siswa telah mencapai standard berpikir kritis yang ditargetkan. (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kritis matematis sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari siswa sudah mampu menyelesaikan kasus dengan langkah-langkah penyelesaian pada materi statistika yang tepat serta berkurangnya kesalahan siswa dalam dalam berhitung. Proses jawaban pada tes kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 43,33% dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa meningkat dengan menerapkan model Case Based Learning di kelas VIII-3 SMP Negeri 17 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-194 / 153.42 Nab p
Keywords: Case Based Learning; Kemampuan Berpikir; Berpikir Kritis Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:15
Last Modified: 05 Dec 2022 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49343

Actions (login required)

View Item
View Item