Simangunsong, Putri Yani (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP SWASTA GAJAH MADA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183311028 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. NIM. 4183311028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. NIM. 4183311028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 4183311028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM. 4183311028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 4183311028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 4183311028 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 4183311028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM. 4183311028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
13. NIM. 4183311028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
14. NIM. 4183311028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (I) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah model pembelajaran kooperatif tipe reciprocal teaching diterapkan di kelas VII SMP Swasta Gajah Mada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dirnana dalam setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching pada materi bangun datar segi empat. Pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan komunikasi matematis. (I) Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Swasta Gajah Mada. (2) Dari hasil penelitian yang didapatkan sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching nilai rata-rata kelas adalah 36,01. Setelah diterapkan terjadi peningkatan dimana pada siklus I, nilai rata-rata kelas adalah 62,63 dan 61% dari jumlah siswa dalam kelas memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam kategori sedang. Pada siklus II, dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,14 dimana 86% siswa dalam kelas sudah memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam kategori sedang. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching di kelas VII SMP Swasta Gajah Mada Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-199 / 371.33 Sim p |
Keywords: | Reciprocal Teaching; Kemampuan Komunikasi Matematis; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 02:36 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49339 |