Ramadan, Dimas (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LAPS – HEURISTIC PADA MATERI TRIGONOMETRI DI MAS PAB 2 HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181111033 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM. 4181111033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3. NIM. 4181111033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4. NIM. 4181111033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 4181111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 4181111033 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM. 4181111033 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 4181111033 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 4181111033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
13. NIM. 4181111033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 4181111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajana LAPS – Heuristic dalam pembelajaran matematika pada materi trigonometri di kelas X MIA 2 MAS PAB 2 Helvetia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 2 MAS PAB 2 Helvetia pada semester ganjil yang berjumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan model pembelajaran LAPS – Heuristic pada materi trigonometri. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan peserta didik pada materi trigonometri saat diterapkan model pembelajaran LAPS – Heuristic, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan model pembelajaran LAPS – Heuristic. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,95 sudah berada pada kategori baik dan siklus II yaitu 3,15 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan, dimana pada tes kemampuan pemecahan masalah I di siklus I persentase ketuntasan hanya 42,85% (15 orang peserta didik) dengan rata-rata 63,23 dan pada siklus II menjadi 85,72% (30 orang peserta didik) dengan nilai rata-rata 81,1. Sehingga peserta didik sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (≥ 80%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran LAPS – Heuristic pada materi trigonometri di kelas X MIA 2 MAS PAB 2 Helvetia dapat meningkatkan kemampuan pemacahan masalah matematika peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-210 / 371.33 Ram m |
Keywords: | Model Pembelajaran; LAPS – Heuristic; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 01:47 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49335 |