Siregar, Siti Halima (2022) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Model Eliciting Activities Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Disposisi matematis Siswa SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.
1. 8214071002 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. 8214071002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
3. 8214071002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. 8214071002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. 8214071002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. 8214071002 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. 8214071002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. 8214071002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (900kB) | Preview
12. 8214071002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. 8214071002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan representasi matematis siswa, dan (3) mengetahui disposisi siswa terhadap matematika setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang bahan ajar, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba ke lapangan untuk melihat kepraktisan dan keefektifannya. Bahan ajar yang valid, praktis dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari materi Trigonometri. Uji coba dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk pakam. Uji coba 1 di kelas X IPS-2 dan uji coba 2 di kelas X IPS-1. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) bahan ajar yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas buku pegangan guru = 4,46; buku siswa = 4,46; RPP = 4,45, LKS = 4,43, berada pada kategori valid, (2) bahan ajar praktis, dilihat melalui angket kepraktisan oleh guru dan siswa, rata-rata angket kepraktisan oleh guru = 3,21 berada pada kategori “baik” dan rata- rata angket kepraktisan oleh siswa = 3,17 berada pada kategori “baik”, (3) bahan ajar yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketuntasan belajar yang dilihat melalui ketuntasan klasikal kemampuan representasi matematis adalah 93% siswa yang mengikuti pembelajaran mampu mencapai skor > 65; rata-rata tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,35 berada pada kategori “baik”; waktu aktivitas siswa dalam pembelajaran ideal; dan respon siswa yang positif, (4) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan = 0,861 atau kategori “sedang” dan indikator kemampuan representasi matematis paling meningkat adalah indikator verbal yaitu dapat menyelesaikan masalah dengan melibatkan kata-kata dan ekspresi matematika yakni sebesar 35,25%. (5) peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa menggunakan bahan ajar yang dikembangkan = 3,75%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sir p |
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Model Eliciting Activities, Kemampuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 08:43 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49303 |