Simatupang, Eva Martina (2022) Pengaruh Pelaksanaan Asesmen Portofolio Terhadapat Capaian Perkembangan Pramenulis Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Character and Education Center Pekan Tolan T.A 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8214081016 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 8214081016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. NIM. 8214081016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8214081016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 8214081016 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 8214081016 TABELS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8214081016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8214081016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8214081016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
13. NIM. 8214081016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
14. NIM. 8214081016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pelaksanaan proses asesmen portofolio memberikan pengaruh dalam usahanya untuk melihat capaian perkembangan pra-menulis anak di TK Character and Education Center Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Character and Education Center Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumatera Utara. Adapun subjek pada penelitian ini adalah anak Kelompok A yang berjumlah 7 orang dan 2 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penataan lingkungan yang dilakukan berhubungan dengan pelaksanaan asesmen portofolio memberikan pengaruh terhadap aktifitas dan capaian perkembangan anak. Tahapan demi tahapan dalam proses pelaksanaan asesmen portofolio yang dilakukan dengan baik dan benar juga berkontribusi terhadap hasil akhir dari asesmen portofolio. Sementara, selain menggunakan kumpulan dokumen hasil karya dari masing-masing anak, observasi dan wawancara yang baik juga diperlukan dalam proses pelaksanaan asesmen portofolio agar nantinya data yang diperoleh dapat mendukung pelaksanaan asesmen portofolio. Pelaksanaan asesmen portofolio sendiri dilakukan dengan ketentuan dan standar yang telah ditentukan oleh guru sebelumnya. Instrumen yang yang digunakan juga menjadi hal yang harus diperhatikan, karena dengan pemilihan instrumen yang tepat maka pelaksanaan asesmen portofolio akan berjalan sesuai dengan harapan. Selain itu, keterlibatan orang tua dan juga anak sebagai subjek yang diteliti akan berdampak pada pelaksanaan asesmen portofolio dan hasil yang nantinya akan diharapkan. Dari penjelasan hasil penelitian yang diperoleh di atas maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan asesmen portofolio yang dilakukan di TK Character and Education Center dapat terlaksana dengan baik untuk melihat capaian perkembangan pra-menulis anak, dimana dengan adanya pelaksanaan asesmen portofolio, capaian perkembangan pra-menulis masing-masing anak dapat diketahui secara lebih jelas sehingga kedepannya hal ini dapat memberikan kemudahan bagi guru untuk menentukan pembelajarannya lanjutan yang dapat diberikan kepada anak agar capaian perkembangan tersebut dapat lebih sempurna dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.63 Sim p |
Keywords: | Asesmen, Asesmen Portofolio, Anak Usia Dini, Kemampuan Pra-Menulis Anak |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 02:38 |
Last Modified: | 16 May 2023 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49266 |