Pengaruh Pelaksanaan Asesmen Portofolio Terhadapat Capaian Perkembangan Pramenulis Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Character and Education Center Pekan Tolan T.A 2021/2022.

Simatupang, Eva Martina (2022) Pengaruh Pelaksanaan Asesmen Portofolio Terhadapat Capaian Perkembangan Pramenulis Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Character and Education Center Pekan Tolan T.A 2021/2022. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8214081016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8214081016 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8214081016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8214081016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8214081016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8214081016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8214081016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8214081016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8214081016 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8214081016 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8214081016 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8214081016 TABELS.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8214081016 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8214081016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8214081016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8214081016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8214081016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8214081016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8214081016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8214081016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8214081016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8214081016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pelaksanaan proses asesmen portofolio memberikan pengaruh dalam usahanya untuk melihat capaian perkembangan pra-menulis anak di TK Character and Education Center Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Character and Education Center Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumatera Utara. Adapun subjek pada penelitian ini adalah anak Kelompok A yang berjumlah 7 orang dan 2 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penataan lingkungan yang dilakukan berhubungan dengan pelaksanaan asesmen portofolio memberikan pengaruh terhadap aktifitas dan capaian perkembangan anak. Tahapan demi tahapan dalam proses pelaksanaan asesmen portofolio yang dilakukan dengan baik dan benar juga berkontribusi terhadap hasil akhir dari asesmen portofolio. Sementara, selain menggunakan kumpulan dokumen hasil karya dari masing-masing anak, observasi dan wawancara yang baik juga diperlukan dalam proses pelaksanaan asesmen portofolio agar nantinya data yang diperoleh dapat mendukung pelaksanaan asesmen portofolio. Pelaksanaan asesmen portofolio sendiri dilakukan dengan ketentuan dan standar yang telah ditentukan oleh guru sebelumnya. Instrumen yang yang digunakan juga menjadi hal yang harus diperhatikan, karena dengan pemilihan instrumen yang tepat maka pelaksanaan asesmen portofolio akan berjalan sesuai dengan harapan. Selain itu, keterlibatan orang tua dan juga anak sebagai subjek yang diteliti akan berdampak pada pelaksanaan asesmen portofolio dan hasil yang nantinya akan diharapkan. Dari penjelasan hasil penelitian yang diperoleh di atas maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan asesmen portofolio yang dilakukan di TK Character and Education Center dapat terlaksana dengan baik untuk melihat capaian perkembangan pra-menulis anak, dimana dengan adanya pelaksanaan asesmen portofolio, capaian perkembangan pra-menulis masing-masing anak dapat diketahui secara lebih jelas sehingga kedepannya hal ini dapat memberikan kemudahan bagi guru untuk menentukan pembelajarannya lanjutan yang dapat diberikan kepada anak agar capaian perkembangan tersebut dapat lebih sempurna dan maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.63 Sim p
Keywords: Asesmen, Asesmen Portofolio, Anak Usia Dini, Kemampuan Pra-Menulis Anak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:38
Last Modified: 16 May 2023 10:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49266

Actions (login required)

View Item
View Item