Waruwu, Wes (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8214071010 COVER.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
2. NIM 8214071010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (907kB) | Preview
3. NIM 8214071010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. NIM 8214071010 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM 8214071010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
6. NIM 8214071010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7. NIM 8214071010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
8. NIM 8214071010 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8214071010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
13. NIM 8214071010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisa validitas, kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model problem based learning di kelas VIII SMP Negeri 1 Sitahuis; 2) Menganalisa peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan; 3) Menganalisisa peningkatan self efficacy siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis Penelitian Pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (Four D Model). Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-1 dan VIII-2 pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di SMP Negeri 1 Sitahuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran dengan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang telah dikembangkan dilihat dari nilai rata-rata N-gain pada uji coba I dan uji coba II masing-masing sebesar 0,40 dan 0,58 yang berada pada kategori sedang. 3) Rata-rata Selfefficacy matematis siswa per indikator telah mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba II setelah pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaranmberdasarkan pembelajaran model problem based learning yang telah dikembangkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 War w |
Keywords: | Pengembangan pembelajaran, problem based learning, Kemampuan pemahaman konsep, self efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 09:37 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49247 |