Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Siswa

Waruwu, Wes (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8214071010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8214071010 COVER.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8214071010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8214071010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (907kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8214071010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8214071010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8214071010 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8214071010 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8214071010 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8214071010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8214071010 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8214071010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8214071010 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8214071010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8214071010 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8214071010 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8214071010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8214071010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8214071010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8214071010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisa validitas, kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model problem based learning di kelas VIII SMP Negeri 1 Sitahuis; 2) Menganalisa peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan; 3) Menganalisisa peningkatan self efficacy siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis Penelitian Pengembangan (Development Research) dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (Four D Model). Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-1 dan VIII-2 pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di SMP Negeri 1 Sitahuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran dengan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang telah dikembangkan dilihat dari nilai rata-rata N-gain pada uji coba I dan uji coba II masing-masing sebesar 0,40 dan 0,58 yang berada pada kategori sedang. 3) Rata-rata Selfefficacy matematis siswa per indikator telah mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba II setelah pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaranmberdasarkan pembelajaran model problem based learning yang telah dikembangkan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 War w
Keywords: Pengembangan pembelajaran, problem based learning, Kemampuan pemahaman konsep, self efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:37
Last Modified: 23 Nov 2022 02:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49247

Actions (login required)

View Item
View Item