Harahap, Masleni (2022) Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan T.A 2020-2021. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186181013 COVER.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
2. 8186181013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. 8186181013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 8186181013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
5. 8186181013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
6. 8186181013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
7. 8186181013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
8. 8186181013 TABLES.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
9. 8186181013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
13. 8186181013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
14. 8186181013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (11MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 7 Padangsidimpuan T.A 2020/2021; 2) Menemukan keefektifan media komik matematika berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 7 Padangsidimpuan T.A 2020/2021 3) Mendeskripsikan karakteristik media komik matematika berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN 7 Padangsidimpuan T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974). Model ini meliputi empat tahapan terdiri dari tahapan pendefeisian (define), tahap rancangan (design), tahap pengembangan (develope) dan tahap penyebaran (dessiminate).
Hasil dari penelitian pengembangan ini diperoleh : 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa uji coba I terdapat 8 (30,8%) siswa yang tingkat kemampuan pemecahan masalah matematisnya dalam kategori rendah, sebanyak
16 (61,5%) siswa tergolong sedang, dan 2 (7,7%) siswa tergolong tinggi. Hasil uji coba II terdapat 5 (17,85%) siswa yang kemampuan pemecahan masalah matematisnya dalam kategori rendah, 21 (75%) siswa tergolong dalam kategori sedang, dan 2 (7,15%) siswa yang tergolong dalam kategori tinggi; 2) media komik matematika berbasis pendekatan realistik memenuhi kriteria valid dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 3) Peneliti mendeskripsikan semua
hal yang terjadi pada proses pembelajaran yang terkait dengan media komik matematika melalui karakteristik pendekatan realistik dalam bentuk uraian. Didapatkan hasil bahwa melalui tahapan pada kelima karakteristik yang telah dialami, siswa terlihat sangat antusias dan lebih mudah memahami materi aritmatika sosial dan memudahkan siswa untuk memecahkan permasalahan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Har p |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan masalah matematis siswa, Komik Matematika, Pendekatan Realistik |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 08:44 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49228 |