Siregar, Noveranza Habiyanti Said (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL SISWA SMP NEGERI 34 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111096 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 4183111096 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM 4183111096 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM 4183111096 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM 4183111096 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 4183111096 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 4183111096 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 4183111096 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4183111096 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
13. NIM 4183111096 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 4183111096 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa sangat diperlukan untuk memahami dan memecahkan suatu masalah atau soal matematika yang membutuhkan penalaran, analisis, evaluasi dan interpretasi pikiran serta dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan saat menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk megklasifikasikan dan mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah pada soal cerita materi aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan empat indikator kemampuan berpikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 34 Medan yang berjumlah 31 siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yaitu tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebanyak 77,41% atau 24 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, 22,59%, atau 7 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang dan tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi indikator interpretasi dan inferensi namun kurang mampu memenuhi indikator analisis dan evaluasi. Sedangkan Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah kurang mampu dalam menginterpretasikan masalah dan tidak mampu memenuhi indikator analisis, evalusi dan inferensi. Siswa kurang mampu dalam memahami soal sehingga ketika menulis yang diketahui dan ditanyakan pada soal kurang lengkap, siswa kurang mampu dalam membuat model matematika dan belum mampu menggunakan strategi yang tepat untuk memecahkan soal serta cukup mampu dalam membuat kesimpulan dari hasil penyelesaiannya, bahkan tidak menjawab soal sama sekali karena siswa belum mampu dalam memahami dan menyelesaikan soal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-204 / 370.152 Sir a |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis; Pemecahan Masalah; Aritmatika Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 01:48 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49220 |