Arfada, Dias Friska (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTsS MADANI PERDAGANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182111024 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM 4182111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
3. NIM 4182111024 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4. NIM 4182111024 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM 4182111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 4182111024 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4182111024 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 4182111024 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 4182111024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
13. NIM 4182111024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM 4182111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika. Kesulitan dalam memahami konsep ini dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada peserta didik sehingga dapat mengakibatkan kesalahan yang sama dan terus berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang di terapkan di MTsS Madani Perdagangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata nilai pada aspek komponen LKPD sebesar 100%, aspek materi sebesar 91,6%, aspek sintaks inkuiri terbimbing sebesar 88,8%, aspek didaktif sebesar 100%, aspek syarat konstruksi sebesar 94,4%, dan aspek syarat teknis sebesar 94%. Sehingga rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu sebesar 90,6 % dengan kategori sangat valid dan telah memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai kepraktisan 86,6% dengan rata-rata persentase hasil angket respon peserta didik 84,8%, rata-rata persentase hasil angket respon guru 86% serta Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kualifikasi rata-rata keseluruhan kegiatan pembelajaran mencapai. Dari segi miskonsepsi, setelah dianalisis penguasaan konsep peserta didik menunjukkan bahwa tidak terlhat adanya miskonsepsi pada peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Inkuiri terbimbing dapat diterapkan untuk mengatasi miskonsepsi peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-184 / 371.33 Arf p |
Keywords: | LKPD; Inkuiri Terbimbing; Miskonsepsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 08:14 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49219 |