Silalahi, Niken Adelina (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.4183311005 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2.NIM.4183311005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
3.NIM.4183311005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4.NIM.4183311005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5.NIM.4183311005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6.NIM.4183311005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7.NIM.4183311005 TABLES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8.NIM.4183311005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
9.NIM.4183311005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
13.NIM.4183311005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
14.NIM.4183311005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan diterapkannya model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masingmasing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 yang berjumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tergolong sangat rendah dimana jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa dari 31 siswa atau 12,91%, sedangkan jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 27 siswa dari 31 siswa atau 87,09% dengan nilai rata-rata kelas 45,80%.
Setelah melaksankaan tindakan pada siklus I, diperoleh sebanyak 20 siswa dari 31 siswa atau 64,51% telah mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah, sedangkan sebanyak 11 siswa dari 31 atau 35,48% belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 68,81 dapat dilihat bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih dalam kategori sedang dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 2,7 dengan kategori baik. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, diperoleh jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 27 siswa dari 31 siswa atau 87,09% dan sebanyak 4 siswa dari 31 siswa atau 12,91% belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas 80,86 sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa sudah tercapai. Kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,06 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah terdapat lebih dari 85% siswa yang telah tuntas memecahkan masalah. sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan Geogebra ini dapat dijadikan salah satu alternative pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-195 / 371.33 Sil p |
Keywords: | Pemecahan Masalah; Problem-Based Learning; Geogebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 07:59 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49218 |