Christy, Jeremy (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA UNTUK SISWA KELAS VII SMP MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE EDITION. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182111007 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIN 4182111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. NIM 4182111007 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 4182111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 7173520026 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM 4182111007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 4182111007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM 4182111007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 4182111007 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
10. NIM 4182111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
14. NIM 4182111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM 4182111007 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi penyajian data dengan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition melalui pendekatan kontekstual yang bersifat valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D (Define, Design, Development, Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Development) dikarenakan keterbatasan peneliti. Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 29 Medan dengan jumlah 31 orang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil dari validasi ahli terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 4.4 dengan kategori sangat valid, Bahan Ajar (Modul) sebesar 4.3 dengan kategori sangat valid, dan Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 4.4 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran adalah 3.7 berada dalam kategori sangat praktis, serta hasil respon siswa sebesar 89% respon positif. Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil ketuntasan klasikal siswa dan gain skornya, dengan persentase 93.5% dan 0.60 berada dalam kategori cukup efektif. Sehingga berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-177 / 371.33 Chr p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Penyajian Data; Pendekatan Kontekstual; Flip Pdf Corporate Edition |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 05:51 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 05:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49194 |