Pohan, Irna Dwi Rizki Ronahaya (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII A MTsN 4 PADANG LAWAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN GEOGEBRA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4181111044 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 4181111044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
3. NIM. 4181111044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
4. NIM. 4181111044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5. NIM. 4181111044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
6. NIM. 4181111044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7. NIM. 4181111044 TABLES.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
8. NIM. 4181111044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
9. NIM. 4181111044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4181111044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
14. NIM. 4181111044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A MTsN 4 Padang Lawas serta untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada akhir setiap siklus, guru memberikan tes untuk mengukur peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Pada penelitian ini, subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII A MTsN 4 Padang Lawas tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 36 siswa. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari tes dan lembar observasi kegiatan guru. Tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan penalaran matematis siswa dan lembar observasi kegiatan guru digunakan untuk mengamati hal-hal yang terjadi selama kegiatan pembelajaran. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan Geogebra mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan nilai rata-rata siklus I adalah 72,91 (cukup), dan siklus II adalah 91,66 (sangat baik). Rata-rata kemampuan penalaran matematis awal siswa, siklus I, dan siklus II masing-masing adalah 51,16 (cukup) dengan persentase ketuntasan klasikal 25%; 65,97 (baik) dengan persentase ketuntasan klasikal 47,22%; serta 82,18 (sangat baik) dengan persentase ketuntasan klasikal 86,11%. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII A MTsN 4 Padang Lawas meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan Geogebra
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-205 / 371.33 Poh u |
Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematis; Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Numbered Head Together (NHT); Geogebra; Penelitian Tindakan Kelas (PTK) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 05:41 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49193 |