Hutagalung, Handoyo (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172111008 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4172111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (962kB) | Preview
3. NIM. 4172111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 4172111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
5. NIM. 4172111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 4172111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM. 4172111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8. NIM. 4172111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
9. NIM. 4172111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
13. NIM. 4172111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM. 4172111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk perangkat pembelajaran berbasis realistic mathematic educations (RME) berbantuan learning management system (LMS) yang valid, praktis dan efektif pada materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sipoholon yang berjumlah 33 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran realistic mathematics education (RME) berbantuan learning management system (LMS). Instrument yang digunakan adalah angket validasi materi, media, respon siswa dan guru serta tes hasil ketuntasan belajar siswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kevalidan produk perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 3,37 dan 3,5 dengan kategori sangat valid. (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil penilaian guru adalah 85,71% dalam hal ini tergolong sangat praktis dan skor kepraktisan berdasarkan hasil penilaian siswa adalah 84,41% dalam hal ini tergolong sangat praktis. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 84,84% sehingga secara klasikal memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan dan siswa merespon positif terhadap media dengan pencapaian persentase sebesar 92,64% yang termasuk dalam kategori positif. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis realistic mathematic educations (RME) berbantuan learning management system (LMS) pada materi persamaan kuadrat ini dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis, dan efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-243 / 371.33 Hut p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Realistic Mathematics Education (RME); Learning Management System (LMS); Persamaan Kuadrat; ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 09:18 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49154 |