Simorangkir, Dewi Sartika (2022) PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182111030 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4182111030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4182111030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
4. NIM 4182111030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
5. NIM 4182111030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
6. NIM 4182111030 TABLE DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7. NIM 4182111030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
8. NIM 4182111030 TABLES.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
9. NIM 4182111030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
10. NIM 4182111030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. NIM 4182111030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
15. NIM 4182111030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Populasi penelitian ini sebanyak 13 kelas dan sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 3 kelas yaitu VII-A, VII-B dan VII-C untuk diajarkan menggunakan model pembelajaran yang berbeda. Masing-masing sampel diberikan model yang berbeda, yaitu kelas VII-A menggunakan model pembelajaran konvensional, kelas VII-B menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik pomodoro dan kelas VII-C menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yakni tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan angket konsentrasi belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linear sederhana. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa konsentrasi belajar memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meskipun diajarkan menggunakan model pembelajaran yang berbeda, hanya saja konsentrasi belajar bukanlah faktor terbesar yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil ini terlihat dari besar pengaruh konsentrasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VII-A hanya sebesar 5,4%, pada kelas VII-B hanya sebesar 2,5% dan pada kelas VII-C hanya sebesar 1,3%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-188 / 371.33 Sim p |
Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematis; konsentrasi belajar; model pembelajaran berbasis masalah; teknik pomodoro, model pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 09:15 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49131 |