Situmeang, Angel Claudia (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HOTS SETELAH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PLATFORM E-LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111111 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 4183111111 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (763kB) | Preview
3. NIM 4183111111 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 4183111111 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM 4183111111 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 4183111111 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 4183111111 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4183111111 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4183111111 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
13. NIM 4183111111 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM 4183111111 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS setelah pembelajaran menggunakan Platform E-Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes soal HOTS dan pedoman wawancara. Adapun pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan tes soal HOTS kepada 32 siswa kelas XI IPA 3. Sebelum memberikan tes soal HOTS, guru melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan RPP yang telah dirancang oleh peneliti di kelas XI IPA 3 dengan menggunakan Platform E- Learning. Setelah itu dilaksanakan tes soal HOTS, dimana dari hasil tes tersebut dipilih masing-masing 2 subjek tiap kategorisasi penilaian HOTS yaitu siswa yang memiliki kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi hasil tes dan hasil wawancara. Data yang diolah merupakan data kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill. Soal yang digunakan untuk melihat kesulitan siswa adalah soal Barisan dan Deret bertipe Higher Order Thinking Skill dengan jumlah 5 soal yaitu terdiri dari 2 soal aspek menganalisis, 2 soal aspek mengevaluasi dan 1 soal aspek mencipta. Kemudian wawancara dilakukan untuk lebih menggali kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS pada materi Barisan dan Deret. Adapun indikator kesulitan dalam penelitian ini yaitu kesulitan dalam mengingat/memahami fakta, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam operasi perhitungan dan kesulitan dalam memahami prinsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) subjek dengan kategori tinggi masih mengalami beberapa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS; 2) subjek dengan kategori sedang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal HOTS dengan indikator kesulitan yaitu kesulitan dalam mengingat/memahami fakta, kesulitan dalam memahami konsep, dan kesulitan dalam memahami prinsip; dan 3) subjek dengan kategori rendah mengalami kesulitan hampir pada semua soal dan memenuhi semua indikator kesulitan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-MAT-189 / 371.33 Sit a |
Keywords: | Kesulitan; Higher Order Thinking Skill; Indikator Kesulitan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 05:44 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49116 |