Lenget-Lenget Dalam Ritual Ndilo Wari Udan Pada Masyarakat Karo Ke Dalam Komposisi Musik Lau Tawar Simalem

Barus, Albesta (2021) Lenget-Lenget Dalam Ritual Ndilo Wari Udan Pada Masyarakat Karo Ke Dalam Komposisi Musik Lau Tawar Simalem. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2173530001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2173530001 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2173530001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2173530001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2173530001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2173530001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2173530001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2173530001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2173530001 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2173530001 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2173530001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2173530001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2173530001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2173530001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 2173530001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM 2173530001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2173530001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2173530001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

(1) Ritual Ndilo Wari Udan adalah ritual pemanggilan hujan di Desa Tanjung
Timur. Ritual ini di jadikan pengkarya sebagai inspirasi menciptakan sebuah
komposisi musik yang berjudul Lau Tawar Simalem. Untuk mengumpulkan data
pengkarya menggunakan teknik seperti observasi, wawancara, dan
mendokumentasikan. : (2) Belum ada yang komposisi musik ritual pemanggilan
hujan menggunakan konsep tradisi Karo dengan paduan estetika musik barat. :(3)
Seiring berjalanya waktu ritual Ndilo Wari Udan tidak lagi dilakukan. Untuk
menganalisis data di gunakan metode Alma Hawkins yang memiliki tiga tahap: 1)
Eksplorasi 2) Improvisasi 3) Pembentukan. Tahap tahap metode yang pengkarya
gunakan yaitu: Esplorasi memiliki tiga tahap seperti, menemukan ide, membuat
konsep karya observasi instrumen dan pemain. Improvisasi memiliki dua tahapan
seperti, mencari inovasi-inovasi baru untuk komposisi baru, menyesuaikan,
mengembangkan ritme, melodi, harmoni, tekstur, instrumentasi dan orkestrasi.
Pembentukan dilakukan dengan proses latihan karya, di mana materi materi yang
di latihkan merupakan hasil dari esplorasi dan improvisasi, selanjutnya setelah
karya selesai maka dilakukan pertunjukan karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Fungsi Ritual; pertunjukan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN537 Ethnic groups and races
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature on music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Pertunjukan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 24 Nov 2022 00:56
Last Modified: 24 Nov 2022 00:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48871

Actions (login required)

View Item
View Item