PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ISPRING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM PEMBELAJARAN DARING

Situmorang, Yossi Lestari (2021) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ISPRING PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM PEMBELAJARAN DARING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173131043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173131043 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173131043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173131043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173131043 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173131043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173131043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173131043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4173131043 TABLE CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4173131043 TABLE CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4173131043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4173131043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173131043 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173131043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4173131043 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4173131043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model problem based learning dengan media iSpring dalam sistem pembelajaran daring pada materi laju reaksi minimal mencapai nilai KKM. Populasi dalam penelitian sebanyak empat kelas yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yang diambil sebanyak satu kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 25 soal yang telah valid dan reliabel. Data hasil belajar diuji normalitas diperoleh sig. 0,738 > 0,05 (α=0,05) berarti data berdistribusi normal. Data hasil belajar dari skala 1 – 100 diperoleh rata-rata 81,71±6,234, standar deviasi sebesar 6,234 masih relatif kecil, sehingga data homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan One Sample T-Test diperoleh hasil sig 0,000 < α (α=0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian hasil belajar siswa pada materi laju reaksi yang dibelajarkan dengan model problem based learning dengan menggunakan media iSpring pada materi laju reaksi dalam pembelajaran daring mencapai nilai KKM 72. Oleh karena itu model problem based learning menggunakan media iSpring pada materi laju reaksi dalam pembelajaran daring layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 086
Keywords: Laju reaksi; Problem based learning; iSpring; Hasil belajar; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:30
Last Modified: 26 Oct 2022 04:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48800

Actions (login required)

View Item
View Item