Mardiah, Sangkot (2021) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI DAN PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173331044 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM 4173331044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
3. NIM 4173331044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM 4173331044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 4173331013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 4173331044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM 4173331044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM 4173331044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Dan Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan dengan video animasi di Sekolah SMA N 2 Percut Sei Tuan pada pokok bahasan materi Ikatan Kimia. Sampel penelian ini diambil dari dua kelas yang ditentukan dengan cara random sampling, yaitu kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban, yang telah divalidkan oleh Validator dan kemudian diuji cobakan kepada siswa untuk mengetahui validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata – rata pretest siswa kelas eksperimen adalah sebesar 30,33 dan nilai rata – rata pretest kelas kontrol adalah sebesar 29.83. Dan nilai rata – rata hasil belajar siswa kels eksperimen adalah sebesar 83.16, sedangkan rata – rata nilai hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 78. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t Indefendent Sampl t-Test dengan menggunakan software SPSS versi 20.0 for windows, dengan taraf signifikan = 0.05. Dari pengujian hipotesis diperoleh signifikansi = 0,014 < 0,05, sehingga hal ini menyimpulkan bahwa diterima dan ditolak. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata – rata hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan M3PK dan video animasi lebih tinggi daripada rata – rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model konvensional direct instruction dengan video animasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 095 |
Keywords: | Video animasi; Ikatan kimia; Hasil belajar; Model mengajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 03:39 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48786 |