PRATAMA, M. IQBAL (2022) PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH KEPENDIDIKAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173141018 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM 7173141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
3. NIM 7173141018 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4. NIM 7173141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 7173141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM 7173141018 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 7173141018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7173141018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7173141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
13. NIM 7173141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 7173141018 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesiapan menjadi guru yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Kependidikan Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi stambuk 2018 Unimed berjumlah 101 mahasiswa dan sampel sebanyak 81 mahasiswa dengan teknik Formula Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket (Kuesioner) dan daftar nilai mata kuliah Kependidikan yaitu perencanaan pembelajaran, telaah kurikulum, dan strategi pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitan disimpulkan 1) Persamaan regresi linier berganda menunjukkan Y = 5,801+ 0,338 X1 + 0,628 X2 2) Hasil uji t (parsial) menunjukkan Hasil Belajar Mata Kuliah Kependidikan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Efikasi Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Secara simultan, kategori Hasil Belajar Mata Kuliah Kependidikan dan Efikasi Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesiapan Menjadi Guru mahasiswa. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 60,1%. Sedangkan sisanya 39,9% di pengaruhi oleh faktor lain dari luar penelitian.
Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Kependidikan Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Mata Kuliah Kependidikan, Efikasi Diri, Kesiapan Menjadi Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 01:54 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48749 |