Hasibuan, Madiha Soleha (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173131022 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM. 4173131022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
3. NIM. 4173131O22 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 4173131022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 4173131022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
9. NIM. 4173131022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
13. NIM. 4173131022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
14. NIM. 4173131022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Model pembelajaran merupakan suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan oleh guru agar tujuan dari pembelajaran tercapai. Salah satu model pembelajaran yang sering digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar, motivasi belajar siswa serta ada korelasi yang siginifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw menggunakan media animasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Sampel pada penelitan ini diambil dari dua kelas yaitu kelas X IPA 1 yang disebut sampel eksperimen berjumlah 30 siswa dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw menggunakan media animasi dan X IPA 2 yang disebut sampel kontrol berjumlah 30 siswa dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw tanpa media animasi, sampel ditentukan dengan tekhnik sampling random, hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 86,551 sedangkan siswa kelas kontrol 71,833; rata-rata motivasi siswa kelas ekperimen sebesar 75,68 sedangkan siswa kelas kontrol sebesar 68,35 dan ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw menggunakan media animasi, dengan koefisien korelasi sebesar 0,425 dan kontribusi motivasi belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 18,06% sedangkan 81,94% lain dipengaruhi faktor lain
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 109 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Jigsaw; Animasi; Larutan elektrolit; Non elektrolit; Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 04:30 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48610 |