Simatupang, Bernawati (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Swish Max Pada Mata Pelajaran Kecantikan Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153344005 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 5153344005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM 5153344005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 5153344005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM 5153344005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
6. NIM 5153344005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM 5153344005 TABLES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
8. NIM 5153344005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM 5153344005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM 5153344005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM 5153344005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang telah dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran Swish Max pada mata pelajaran Kecantikan Dasar yakni pada materi pengurutan kulit kepala dan rambut siswa kelas X Tata Kecantikan yang jumlahna 32 siswa. Prosedur pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian Research and Development (R&D). Serta tahap pengembangan yang igunakan dalam penelitian ini dibatasi dengan tujuh tahap 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengmpulkan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Perbaikan Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran kecantikan dasar yang dikembangkan menggunakan media Swish Max .Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Dan terdiri dari ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang, uji coba kelompok sedang berjumlah 10 orang, uji coba kelompok besar berjumlah 32 orang dan dilanjutkan dengan uji coba kelayakan media pada siswa dan guru. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menujukkan bahwa hasil penilaian dari ahli materi 4,50 dengan kriteria “sangat baik” dan ahli media 4,57 dengan kriteria “sangat baik”. Uji coba kelompok kecil mendapat interval skor 3,72 dengan kriteria “baik”, kelompok sedang 4,32 dengan kriteria “sangat baik” dan kelompok besar 4,63 dengan kriteria “sangat baik”. Sementara hasil penelitian kelayakan media pembelajaran berdasarkan hasil tanggapan siswa pada tahap uji coba lapangan diperoleh interval skor 4,86 dengan kriteria “sangat baik” dan uji coba kelayakan yang dilakukan pada guru mendapatkan interval skor 4,75 dengan kriteria “sangat baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan media Swish Max yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk mata pelajaran kecantikan dasar khususnya pada materi metode pengurutan kulit kepala dan rambut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Research and Development (R&D), Swish Max, Metode Pengurutan Kulit kepala dan rambut |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 04:44 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48453 |