Sihite, Romian (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Aplikasi SAC (Smart Apps Creators) Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3183121032 COVER-1.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM.3183121032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
3. NIM. 3183121032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM. 3183121032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (928kB) | Preview
5. NIM. 3183231032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 3183121032 LIST OF IMAGE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM. 3183121032 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 3183121032 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 3183121032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
13. NIM. 3183121032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 3183121032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan multimedia interaktif dengan aplikasi SAC (Smart Apps Creator) pada pembelajaran sejarah, (2) mengetahui keefektifan penggunaan multimedia interaktif dengan aplikasi SAC (Smart Apps Creator) pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research And Development) yang menggunakan metode pengembangan Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 9 (sembilan) tahapan yaitu : tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli media, dan angket uji produk oleh pengguna (siswa). Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis data kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap T.A 2021-2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validitas isi oleh ahli materi mencapai nilai 93,75 dengan kategori sangat valid, validasi oleh ahli media 96.87 dengan kategori sangat valid, dan berdasarkan uji pemakaian oleh siswa yaitu mencapai nilai 90.6 dengan kategori sangat valid. Keefektifan penggunaan multimedia interaktif ini disimpulkan sangat baik berdasarkan hasil belajar sesudah menggunakan multimedia interaktif yaitu dengan persentase nilai 84,72 dimana nilai ini lebih rendah dibandingkan sebelum menggunakan multimedia interaktif yaitu dengan persentase nilai 68,77. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk dan keefektifan penggunaan produk tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk dijadikan media pembelajaran pada materi Masa Imperialisme dan Kolonialisme di Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-SJRH-052 |
Keywords: | Multimedia Interaktif; Smart Apps Creator (SAC); Penelitian dan Pengembangan (R&D) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 08:19 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48447 |